Euro Cup 2016

Euro Cup 2016 adalah salah satu kejuaraan sepakbola terbesar di dunia, dan merupakan kejuaraan yang dibuat oleh UEFA sebagai badan tertinggi yang mengurusi sepakbola untuk kontinen Eropa. Kejuaraan ini merupakan edisi yang ke-15 dan akan digelar di Prancis dari tanggal 10 Juni – 10 July 2016. Awal mula Euro Cup ini berasal adalah hasil ide cemerlang dari Henri Delaunay yang merupakan Sekretaris Federasi Sepakbola Prancis (FFF) pada tahun 1920an. Beliau merupakan otak dari terbentuknya Piala Eropa karena melihat dominasi negara-negara Amerika Latin pada kompetisi Olimpide sedunia yang digelar di 1924 dan 1928 yang saat itu Uruguay keluar sebagai juara pada kedua edisi tersebut. Perbandingan kekuatan antara sepakbola Amerika Latin dan Eropa membuat Henri memikirkan sebuah kompetisi tempat berlaganya negara Eropa sebelum masuk kedalam kompetisi yang lebih besar seperti Olimpiade ataupun Piala Dunia.

Tujuannya dibuat Euro Cup ini adalah meningkatkan jumlah pertandingan yang dilakukan oleh negara Eropa sehingga mereka dapat mengasah kemampuan timnya sendiri. Namun Ide Henri tersebut tidak disetujui oleh para petinggi UEFA yang malah lebih memilih menggelar kompetisi antar klub Eropa atau yang lebih dikenal dengan Piala Champions, Piala UEFA dan Piala Winners sejak tahun 1954.

Karena penolakan ide ini, Henri Daulanay yang merupakan senior dalam dunia sepakbola Eropa sakit dan meninggal dunia pada November 1955. kejadian ini membuat para petinggi UEFA terkejut sehingga pada kongres UEFA tahun 1957 ide dari Beliau disetujui oleh UEFA.

Perkembangan Euro dari tahun ke tahun sampai Euro Cup 2016

Euro Cup 1960
Kejuaraan Euro Cup yang pertama kali dilaksanakan di Prancis pada tahun 1960, turnament ini dimulai dari 6 Juli – 10 Juli yang diikuti oleh 4 negara saja. Juara edisi pertama ini dipegang oleh Uni Soviet yang pada babak final mengalahkan Yugoslavia dengan skor 2-1.

Euro Cup 1964
Kejuaraan Euro Cup yang kedua kali dilaksanakan di Spanyol pada tahun 1964, turnament ini dimulai dari 17 Juni – 21 Juni dan masih diikuti oleh 4 negara. Juara edisi kedua ini dipegang oleh Spanyol yang mana gelar Piala Eropa 1964 ini merupakan gelar yang pertama bagi negara Spanyol. Babak Final diisi oleh Spanyol dan Uni Soviet dan Spanyol keluar sebagai juara dengan mengalahkan Soviet dengan skor 2-1.

Euro Cup 1968
Kejuaraan Euro Cup yang ketiga kali dilaksanakan di Italy pada tahun 1968, turnament ini dimulai dari 5 Juni sampai 10 Juni. Turnament edisi ketiga ini masih diikuti oleh 4 negara. Juara Edisi ketiga ini dipegang oleh tuan rumah Itali yang mana babak final diisi oleh Italy dan Yugoslavia. Italy keluar sebagai juara setelah menang dengan skor 2-1.

Euro Cup 1972
Belgia menjadi negara selanjutnya yang menyelenggarakan Kejuaraan Euro Cup 1972. Sistem 4 negara masih diaplikasikan pada turnament tahun 1972 ini. Negara yang menjadi juara adalah Jerman Barat. Uniknya Uni Soviet masih menjadi negara yang langganan mengisi tempat kedua di turnament Piala Eropa setelah dikalahkan Jerman Barat dengan skor 3-0

Euro Cup 1976
Kejuaraan Euro Cup 1976 diselenggarakan di negara Yugoslavia yang mana masih menggunakan sistem 4 negara. Juara turnament ini adalah Republik Ceko yang difinal berhasil mengalahkan juara bertahan Jerman Barat dengan skor 5-3

Euro Cup 1980

Tuan rumah Euro Cup 1980 adalah Italy yang sejauh ini telah dua kali menjadi tuan rumah kejuaraan Piala Eropa. Sistem yang dianut pada Piala Eropa edisi ke-6 ini berbeda dengan sistem sebelumnya. Sistem dua grup mulai diperkenalkan karena jumlah tim yang mengikuti kejuaraan Piala Eropa ini adalah 8 tim. Tim tersebut dibagi menjadi dua grup yakni grup A dan Grup B . Juara Grup A yakni Jerman Barat dan juara grup B Belgia bertemu dibabak final dan berhasil dimenangkan oleh Jerman Barat dengan skor 2-1. Sedangkan tempat ketiga diperebutkan oleh runner up dari grup masing-masing yaitu Itali dan Republik Ceko.

Euro Cup 1984

Euro Cup 1984 menjadikan Prancis sebagai tuan rumah untuk kedua kalinya setelah Piala Eropa yang pertama digelar juga ditanah Prancis. Sistem turnament ini mengikuti Euro Cup 1980 sebelumnya namun ada penambahan yakni munculnya sistem babak Semifinal. Sehingga Juara Grup dan Runner-up masing-masing Grup akan diundi lagi. Babak Semifinal memunculkan negara Prancis yang bertemu dengan Portugal serta Spanyol yang menantang Denmark. Hasilnya Prancis dan Spanyol melaju ke babak semifinal dan Prancis dengan skor 2-0 keluar sebagai Juara.

Euro Cup 1988

Jerman Barat terpilih sebagai tuan rumah pada kejuaraan Euro Cup 1988. Peserta yang mengikuti turnament akbar ini masih berjumlah 8 negara yang artinya sistem turnament masih sama seperti Piala Eropa sebelumnya namun ada. Dari hasil babak semifinal, nama Belanda keluar sebagai negara yang akan menantang Uni Soviet di Final. Hasilnya Belanda menang dengan skor 2-0.

Euro Cup 1992

Swedia untuk pertama kalinya menjadi tuan rumah dalam kejuaraan akbar Piala Eropa 1992. Sebanyak 8 tim mengikuti turnament ini dan menggunakan sistem turnament yang sebelumnya sudah diterapkan pada Euro Cup edisi lalu. Denmark tampil mengejutkan banyak pihak setelah berhasil mengalahkan Juara bertahan Belanda pada babak semifinal. Setelah itu Jerman pun takluk ditangan Denmark dengan skor 2-0 pada babak final.

Euro Cup 1996

Giliran Inggris yang menjadi tuan rumah untuk Euro Cup 1996. Pada Piala Eropa 1996, sistem turnament dirubah, sebelumnya dari 8 peserta kini menjadi 16 peserta. undian putaran final edisi kali ini pun terbagi dalam 4 grup yang masing-masing berisi 4 negara. Babak semifinal diisi oleh Prancis, Ceko, Jerman dan Inggris. Namun dari keempat negara tersebut, Ceko dan Jerman yang melaju ke Final. Setelah bertanding alot, Jerman keluar sebagai pemenang dengan skor 2-1.

Euro Cup 2000

Euro Cup 2000 menjadi kejuaraan besar pertama kali yang menggunakan 2 negara sebagai tuan rumah yakni Belgia dan Belanda. Sistem 16 Partai masih digunakan pada Piala Eropa 2000. Babak Final Piala Eropa 2000 berjalan sangat dramatis. Setelah Prancis dan Italy yang sama-sama berhasil melaju sampai babak final hanya dapat bermain imbang dalam 90 menit pertandingan. Gol David Trezeguet pada babak tambahan berhasil mengantarkan Prancis juara pada turnament tersebut.

Euro Cup 2004

Tuan rumah Euro Cup 2004 menjadi milik Portugal dan Portugal sendiri berhasil melaju ke babak Final, namun sayangnya perjuangan Portugal harus terhenti oleh tim underdog Yunani yang untuk pertama kali mampu menjadi Juara di turnament besar. Sistem Piala Eropa 2004 masih sama seperti Euro Cup 2000. Namun dipastikan pada Euro Cup 2016, Yunani tidak berpartisipasi.

Euro Cup 2008

Euro Cup 2008 kembali mengadopsi sistem tuan rumah ganda dimana Austria dan Swiss ikut ambil bagian dalam Piala Eropa 2008. Jadwal dimulai dari 7 Juni sampai 29 Juni yang mana 16 negara ikut berpartisipasi. Dalam turnament ini Spanyol kembali menjadi juara setelah yang pertama kali terjadi pada tahun 1964. Di babak final Spanyol bertemu dengan Jerman, dan gol tunggal dari Fernando Torres berhasil mengantarkan Spanyol Juara untuk kedua kalinya dalam Euro Cup.

Euro Cup 2012

Polandia dan Ukraina menjadi tuan rumah dalam Euro Cup 2012 yang mana jadwal turnament ini dimulai dari 8 Juni sampai 1 Juli. Sebanyak 16 negara ikut meramaikan ajang 4 tahunan tersebut. Dan babak final diisi oleh Spanyol dan Italy. Spanyol kemudian berhasil mengukir sejarah dengan menjuarai turnament Piala Eropa secara berturut dengan skor yang cukup telah yakni 4-0 atas Italy. Silva, Alba, Torres dan Juan Mata menjadi pemain yang berhasil mencetak gol ke gawang Buffon.

Euro Cup 2016

Euro Cup 2016 akan diselenggarakan di Prancis. Ini adalah pertama kalinya turnament Piala Eropa 2016 menggunakan sistem 24 negara. Sebanyak 6 grup yang berisikan masing-masing 4 negara akan berusaha berjuang untuk memenangkan turnament. Euro Cup 2016 sendiri menyisakan banyak cerita dimana negara-negara yang belum pernah mengikuti turnament ini berhasil lolos dan mencetak sejarah seperti Irlandia Utara ataupun Wales. Patut disimak siapa yang akan menjadi Juara dalam Turnament ini.