Maskot Euro Dari Pertama Sampai Euro 2016

Maskot Euro Dari Pertama Sampai Euro 2016

Kejuaraan Euro telah dimulai dari tahun 1960 yang diselenggarakan di Prancis. Kejuaraan ini merupakan pesta olahraga yang telah ditunggu oleh para pecinta sepakbola seluruh dunia. Selain menunggu negara mana saja yang menjadi partisipasi dari Euro, ada hal lain yang patut ditunggu dari Euro itu sendiri yakni Maskot.

Penggunaan Maskot pada Euro dimulai dari Euro 1980 yang diselenggarakan di Italia. Maskot Euro 1980 bernama Pinocchio dan sejak itu setiap edisi Euro menggunakan maskot yang unik dan lucu.

Pada Euro 2016, maskot yang dipakai bernama Super Victor yang berbentuk anak kecil yang menggunakan jubah dan pakaian berwana sesuai dengan bendera Prancis. Dan sampai saat ini jumlah maskot yang digunakan dalam Euro sudah berjumlah 9, dan berikut ini adalah daftar maskotnya.

Maskot Euro Dari Pertama Sampai Euro 2016

Euro 1980
Tuan Rumah : Italia
Nama Maskot : Pinocchio

Pinocchio adalah nama maskot pertama yang digunakan pada kejuaraan Euro. Maskot ini berdasarkan karakter dari dongeng anak-anak dengan nama yang sama. Pinocchio adalah nama dari anak kecil yang terbuat dari kayu dan berhidung panjang dengan warna bendera Italia serta topi putih bertuliskan Europa 80.

Maskot Euro Dari Pertama Sampai Euro 2016

Euro 1984
Tuan Rumah : Prancis
Nama Maskot : Peno

Maskot kedua yang dipakai adalah Peno. Peno berbentuk ayam jantan putih yang menggunakan seragam biru. Ayam jantan putih adalah lambang dari Prancis dan jersey biru merupakan jersey timnas prancis. Euro 1984 diadakan di Prancis.

Maskot Euro Dari Pertama Sampai Euro 2016

Euro 1988
Tuan Rumah : Jerman
Nama Maskot : Berny

Euro 1988 digelar di Jerman dan maskot yang dipilih adalah Berny. Maskot ini berbentuk seperti kelinci yang menggunakan jersey hitam dengan tulisan UEFA dibagian depan. Celana pendek merah dan kaus kuning yang melambangkan bendera Jerman. Selain atribut tersebut, Berny juga menggunakan ikat kepala putih dan gelang dikedua tangannya.

Maskot Euro Dari Pertama Sampai Euro 2016

Euro 1992
Tuan Rumah : Swedia
Nama Maskot : Rabbit

Euro 1992 diadakan di Swedia dan menggunakan maskot bernama Benny. Benny digambarkan mengenakan baju kuning dengan sedikit sentuhan biru yang melambangkan warna bendera nasional Swedia.

Maskot Euro Dari Pertama Sampai Euro 2016

Euro 1996
Tuan Rumah : Inggris
Nama Maskot : Goaliath

Euro 1996 diselenggarakan di Inggris yang merupakan negara penemu sepakbola. Maskot ini berbentuk singa yang mana hewan singa merupakan lambang dari negara Inggris. Jersey yang digunakan pun berwarna putih dan biru yang merupakan jersey Inggris dengan memegang bola pada lengan kanannya.

Maskot Euro Dari Pertama Sampai Euro 2016

Euro 2000
Tuan Rumah : Belanda dan Belgia
Nama Maskot : Benelucky

Euro 2000 diselenggarakan di dua tempat berbeda yaitu Belanda dan Belgia. Maskot ini berbentuk seperti seekor singa yang mempunyai ekor setan dan tangan manusia. Rambut dari singa diwarnai dengan hitam, merah, kuning, putih dan biru yang merupakan campuran dari warna bendera Belanda dan Belgia.

Nama Benelucky sendiri mempunyai arti yakni Benelux adalah Belgia, Belanda dan Luksemburg dan akhiran Lucky merupakan simbolis keuntungan bagi para kontestan Euro 2000.

Maskot Euro Dari Pertama Sampai Euro 2016

Euro 2004
Tuan Rumah : Portugal
Nama Maskot : Kinas

Portugal mendapatkan kehormatan menjadi tuan rumah dari Euro 2004. Nama maskot pada Euro kali ini adalah kinas yang diambil dari nama bendera Portugal yakni Bandeira das Quinas. Maskot ini berbeda dengan maskot sebelumnya yang mana mayoritas menggunakan bentuk hewan sebagai maskot. Kinas digambarkan sebagai seorang anak laki-laki manusia yang menggunakan jersey timnas Portugal.

Maskot Euro Dari Pertama Sampai Euro 2016

Euro 2008
Tuan Rumah : Austria dan Swiss
Nama maskot : Trix dan Flix

Euro 2008 kembali menggunakan sistem dua tuan rumah dimana Austria dan Swiss yang mendapat kesempatan tersebut. Nama maskot yang diambil adalah Trix dan Flix. Dua anak manusia tersebut menggunakan jersey warna putih dengan sentuhan warna merah dengan tulisan 20 serta jersey warna merah dengan sentuhan warna putih dengan tulisan 08. Jersey putih dengan sentuhan merah melambangkan negara Austria serta jersey merah dengan sentuhan warna putih yang melambangkan Swiss. Sedangkan angka 20 dan 08 melambangkan tahun diselenggarakannya Euro yakni tahun 2008.

Maskot Euro Dari Pertama Sampai Euro 2016

Euro 2012
Tuan Rumah : Polandia dan Ukraina
Nama Maskot : Slavek dan Slavko

Sama seperti Euro 2008, Euro 2012 juga diselenggarakan di dua negara yakni Polandia dan Ukraina. Nama maskot dari Euro ini adalah Slavek dan Slavko. Masing-masing maskot ini melambangkan negara tuan rumah Polandia dan Ukraina. Maskot yang pertama menggunakan jersey warna putih dan merah yang melambangkan Polandia dan maskot yang lain menggunakan warna biru dan kuning yang melambangkan negara Ukraina

Maskot Euro Dari Pertama Sampai Euro 2016

Euro 2016
Tuan Rumah : Prancis
Nama Maskot : Super Victor

Euro 2016 akan diselenggarakan di Prancis pada tanggal 11 Juni 2016 sampai 11 Juli 2016. Maskot yang dipakai adalah seorang anak kecil yang mempunyai kekuatan super bernama Super Viktor. Ia menggunakan jersey warna biru dan putih serta jubah berwarna merah yang melambangkan bendera Prancis. Sedangkan angka 16 merupakan simbolis dari tahun diselenggarakannya 2016.