Mengungkap Kekuatan Kontestan Euro 2016

Mengungkap Kekuatan Kontestan Euro 2016

Prancis akan menjadi negara penyelenggara Euro 2016 edisi ke-15 dimana 24 kontestan akan saling berperang untuk menentukan siapa raja di Eropa. Pertandingan pertama akan dibuka oleh tuan rumah dengan melawan Rumania pada 11 Juni.

UEFA sebagai badan yang bertanggung jawab atas kompetisi Eropa ini menambahkan inovasi cerdas seperti perubahan format karena penambahan kontestan dari 16 negara menjadi 24 negara. Para kontestan dibagi menjadi enam grup dengan masing-masing grup terdiri dari empat negara. Peringkat 3 terbaik dalam satu grup pun mendapat kesempatan untuk meneruskan perjuangannya lewat babak knock-out.

Perubahan format tersebut sangat membantu tim-tim debutan seperti Albania, Wales, Slovakia ataupun Irlandia Utara untuk dapat melaju ke babak selanjutnya. Besar harapannya bagi para pecinta sepakbola untuk melihat pertandingan yang dipenuhi dengan kejutan ataupun kemenangan dramatis pada Euro 2016 nanti.

Masing-masing negara mempunyai peta kekuatan sendiri-sendiri sehingga kami akan merangkum profil dan catatan statistik setiap negara untuk anda.

Dimulai dari Grup A yang berisikan Prancis, Rumania, Albania dan Swiss.

Kekuatan Prancis di Euro 2016

Prancis

Pelatih : Didier Deschamps
Pemain Kunci : Paul Pogba (30 Caps, 5 gol)
Rekor Kualifikasi : Prancis langsung masuk kedalam babak kualifikasi GRUp karena berstatus tuan rumah.
Persentase mencetak gol :
Persentase memasukan gol :

Prancis dikenal sangat tangguh ketika bermain dihadapan publiknya sendiri dan Euro 2016 edisi ini akan digelar di Prancis sehingga mereka akan semakin kuat dengan adanya dukungan penonton yang terus memberikan semangat.
Euro 1984 menjadi titik sukses dari Prancis dimana Michael Platini sukses membawa Prancis keluar sebagai juara dalam edisi tersebut. Platini yang saat ini menjabat sebagai Presiden UEFA keluar sebagai top scorer dengan torehan 9 gol. Kemudian Piala Dunia 1998 Zinedine Zidane berhasil membawa Prancis keluar sebagai juara dunia setelah dua golnya bersarang di gawang Brasil.

Euro 2000 pun menjadi pentas Prancis karena sukses menjadi Juara dan edisi Euro 2000 ini diselenggarakan di Prancis.

Kekuatan Rumania di Euro 2016
Rumania
Pelatih : Anghel Lordanescu
Pemain Kunci : Dragos Grigore (19 Caps, 0 Gol)
Rekor Kualifikasi : 5 Kemenangan, 5 Draw dan 0 Kekalahan
Persentase mencetak gol : 1.1
Persentase kemasukan gol : 0.2

Piala Dunia 1994 menjadi prestasi terbaik bagi tim Rumania. Kala itu pemain bernama Gheorghe Hagi memberitahukan dunia bahwa sepakbola Rumania tidak dapat dipandang sebelah mata berkat performa apiknya.

Perjalanan Rumania pada turnament Euro bisa dikatakan lumayan. Jika tidak mendapat undian yang sulit, mungkin Rumania akan sering berpartisipasi dalam kejuaraan 4 tahunan tersebut. Pencapaian terbesar Rumania dalam Euro adalah babak perempatfinal Euro 2000 dimana mereka mengalahkan Inggris namun takluk ditangan Italia yang bermain di partai Final.

Kekuatan Albania di Euro 2016
Albania
Pelatih : Gianni De Biasi
Pemain Kunci : Taulant Xhaka (11 Caps, 0 Gol)
Rekor Kualfikasi : 4 kemenangan, 2 draw dan 2 kekalahan
Persentase mencetak gol : 0.9
Persentase kemasukan gol : 9.6

Albania merupakan salah satu grup underdog bersama Wales, Slovakia, Irlandia Utara dan Islandia. Seluruh orang di dunia menanti bagaimana aksi dari Albania ini. Saat ini Albania dilatih oleh seorang asal Italia bernama Gianni De Biasi yang berhasil membawa timnya finish di belakang Portugal dan memastikan tiket ke Euro 2016.

Performa Albania sendiri sudah sangat baik ketika di babak kualifikasi Piala Dunia 2014 Brazil. Walaupun mereka tidak dapat lolos ke Brazil, setidaknya Albania telah mencetak rekor dengan bermain di turnament internasional untuk pertama kalinya.

Kekuatan Swiss di Euro 2016
Swiss
pelatih : Vladimir Petkovic
Pemain Kunci : Granit Xhaka (42 Caps, 6 Gol)
Rekor Kualifikasi : 7 Kemenangan, 0 Draw, 3 Kekalahan
Persentase mencetak gol : 2.4
Persentase kemasukan gol : 0.8

Perjalanan Swiss dalam babak kualifikasi Euro 2016 juga tidak berjalan mulus. Sempat mengalami 3 kekalahan, Swiss akhirnya mampu memastikan diri lolos ke Prancis. Vladimir Petkovic berjanji untuk memperbaiki performa mereka di Prancis.

Granit Xhaka akan menjadi pemain kunci andalan dari Swiss dimana dirinya berperan sebagai motor serangan Swiss. Umurnya yang baru 23 tahun menunjukkan perkembangan signifikan dalam perkembangan karirnya. Berkat performa Apiknya, Arsenal pun mendatangkannya ke Emirates Stadium.

Grup B : Inggris, Rusia, Wales dan Slovakia

Kekuatan Inggris di Euro 2016

Inggris
Pelatih : Roy Hodgson
Pemain Kunci : Harry Kane (11 Caps, 5 Gol)
Rekor Kualifikasi : 10 Kemenangan, 0 Draw, 0 Kekalahan
Persentase mencetak gol : 3.1
Persentase kemasukan gol : 0.3

Dalam beberapa tahun terakhir Inggris belum pernah meraih juara dalam semua turnament yang diikuti. Mengklaim sebagai penemu olahraga sepakbola, justru Inggris sepertinya tidak begitu perkasa dalam bidang olahraga ini. Babak adu penalti menjadi momok yang menakutkan bagi timnas Inggris karena mereka belum pernah menang lewat babak adu penalti.

Trauma ini dimulai saat Inggris kalah beradu penalti dengan Jerman Barat di semifinal Piala Dunia 1990. Kemudian Inggris kembali tersingkir dengan cara yang sama di Piala Dunia dan Euro dengan total 5 kali.

Dengan sederetan kegagalan tersebut, banyak yang menilai bahwa timnas Inggris saat ini adalah timnas yang terbaik sepanjang sejarah Inggris. Semua pemainnya merupakan binaan langsung dari klub top Eropa dan begitu juga rekor 100 persen kemenangan mereka selama babak kualifikasi. Dengan skuat yang banyak diisi pemain muda, kemungkinan Inggris akan banyak berbicara di Prancis nanti.

Kekuatan Rusia di Euro 2016
Rusia
Pelatih : Leonid Slutski
Pemain kunci : Aleksandr Kokorin (37 Caps, 11 Gol)
Rekor Kualifikasi : 6 Kemenangan 2 Draw dan 2 Kekalahan
Persentase mencetak gol : 1.8
Persentase kemasukan gol : 0.5

Sejak 1992 Rusia selalu mengikuti kejuaraan Eropa yang digelar. Babak kualifikasi selalu dapat dilewati dengan mudah oleh skuat beruang merah. Namun babak fase grup menjadi yang tersulit bagi mereka.

Catatan Rusia pada Euro juga tidak begitu bagus dimana pada Euro 1992, 1996, 2004 mereka hanya mampu meraih 1 kemenangan. Tapi sejak Euro 2008, Rusia yang ditangani oleh Guus Hidink berhasil menampilkan permainan atraktif sehingga mampu menembus semifinal Euro 2008.

Kekuatan Wales di Euro 2016
Wales
Pelatih : Chris Coleman
Pemain Kunci : Gareth Bale (54 caps, 19 gol)
Rekor kualifikasi : 6 kemenangan, 3 draw dan 1 kekalahan
Persentase mencetak gol : 1.1
Persentase kemasukan gol : 0.4

Wales berhasil memecahkan rekor untuk berpartisipasi di Euro pertama kalinya. Terakhir kali Wales ikut kompetisi Internasional adalah saat Piala Dunia 1958 dimana sang Legenda John Charles membawa Wales maju sampai perempat-final. Wales pun banyak menghasilkan beberapa pemain bertalenta seperti Ian Rush dan Ryan Giggs, namun Wales hanya mampu sampai babak kualikasi Piala Dunia ataupun Euro. Semua itu berubah sejak Gareth Bale hadir didalam timnas Wales. Pemain termahal dunia tersebut mencetak tujuh gol di babak kualifikasi dan memastikan Wales melaju ke putara final di Prancis.

Wales bukan hanya seorang Bale saja, namun masih ada pemain bernama Aaron Ramsey yang menjadi jenderal lapangan tengah Wales, selain itu J. Allen, Ledley, Williams, King juga merupakan pemain kunci Wales. Jika mengatakan Wales hanya Gareth Bale seorang, maka itu salah.

Kekuatan Slovakia di Euro 2016
Slovakia
Pelatih : Jan Kozak
Pemain Kunci : Marek Hasmik (84 Caps, 18 Gol)
Rekor Kualifikasi : 7 Kemenangan, 1 Draw dan 2 kekalahan
Persentase mencetak gol : 1.7
Persentase kemasukan gol : 0.8

Euro 1976 merupakan panggung dari Slovakia yang mana mereka mengalahkan Jerman Barat via babak adu penalti. Saat ini Slovakia masih bernama Cekoslovakia yang tergabung dengan Republik Ceko. Sebanyak 8 pemain dari 11 pemain yang turun di final berasal dari Slovakia.

Setelah itu butuh 20 tahun untuk Slovakia menemukan kembali bentuk permainan terbaik mereka. Salah satu moment yang paling dikenal adalah tersingkirnya juara bertahan Italia pada Piala Dunia 2010 ditangan Slovakia.

Kini Sepakbola Slovakia telah berkembang pesat. Marek Hamsik adalah satu salah pemain yang patut diwaspadai lawan.

Grup C : Jerman, Ukraina, Polandia dan Irlandia Utara

Kekuatan Jerman di Euro 2016

Jerman
Pelatih : Joachim Loew
Pemain Kunci : Thomas Muller (70 Caps, 31 Gol)
Rekor kualifikasi : 7 Kemenangan, 1 Draw dan 2 kekalahan
Persentase mencetak gol : 2.4
persentase kemasukan gol : 0.9

Jerman merupakan salah satu favorite juara Euro 2016. Permainan atraktif yang ditunjukkan skuat Joachim Loew itu menjadi salah satu faktor. Skuad Jerman diisi oleh pemain berkualitas tinggi yang tersebar di berbagai klub top Eropa. Sebut saja Thomas Muller ataupun Mezut Ozil.

Dalam dunia sepakbola, Jerman adalah tim yang sangat kuat. Piala dunia 2014 kemarin menjadi saksi kehebatan Jerman. Brazil yang notebene merupakan juara dunia paling banyak pun dibantai habis dengan skor 1-7.

Dalam kejuaraan Euro, Jerman telah menjadi juara sebanyak 3 kali yakni 1972, 1980 dan 1996. Jerman juga merupakan tim langganan runner-up ataupun semifinalis terbanyak daripada negara-negara lain dan itu membuktikan seberapa kuat sepakbola Jerman.

Kekuatan Ukraina di Euro 2016
Ukraina
Pelatih: Mykhailo Fomenko
Pemain kunci: Andriy Yarmolenko (55 Caps, 27 Gol)
Rekor kualifikasi: 7 kemenangan, 2 Draw, dan 3 kekalahan
Persentase mencetak gol: 1,4
Persentase kemasukan gol: 0,4

Ukraina sangat identik dengan Uni Soviet yang mana pada Euro 1960 merupakan pentas bagi Uni Soviet sebagai penguasa Eropa dalam bidang Olahraga. Skuad Uni Soviet tersebut pun banyak yang berasal dari Ukraina tapi sejak Ukraina berdiri sendiri, mereka sangat kesulitan untuk menembus putara final turnamen besar.

Berbeda dengan masa dulu, Ukraina kini berhasil melaju sampai putaran final Euro 2016 tanpa embel-embel status Tuan rumah. Keberhasilan ini merupakan buah dari kerjasama apik yang ditunjukkan oleh para pemain Ukraina.

Andriy Shevchenko adalah ikon dari Ukraina, namun dia telah pensiun dari Timnas. Beban tersebut dihibahkan ke pundah Andriy Yarmolenko. Serangan Ukraina dari sisi sayap kanan merupakan yang terbaik pada babak kualfikasi Euro 2016 karena hadirnya Yarmalenko disana. Lawan patut mengantisipasi pergerakannya di sektor kanan. Setelah dia dihentikan maka otomatis serangan Ukraina akan berkurang 50 persen.

Kekuatan Polandia di Euro 2016

Polandia
Pelatih: Adam Nawalka
Pemain kunci: Robert Lewandowski (75 Caps, 34 Gol)
Rekor di babak kualifikasi: 6 kemenangan, 3 Draw dan 1 kekalahan
Persentase mencetak gol: 3,3
Persentase kemasukan gol: 1

Kontestan lain di Euro 2016 wajib berhati-hati dengan lini depan Polandia karena disitu adalah posisi bermainnya Robert Lewandowski. Semua orang tahu kehebatan pemain yang menggunakan nomor punggung 9 ini. Jangan memberikannya ruang tembak, karena ia sangat lihai dalam memanfaatkan ruang yang sangat sempit sekalipun.

Selain Lewandowski, masih ada nama tenar lainnya seperti J. Blaszczykowski, Krychowiak, Piszczek serta 2 penjaga gawang top dunia yakni Lukas Fabiansi dan Szczesny.

Kekuatan Irlandia Utara di Euro 2016
Irlandia Utara
Pelatih: Michael O’Neill
Pemain Kunci: Kyle Lafferty (50 Caps, 17 Gol)
Rekor di babak kualifikasi: 6 Kemenangan, 3 Draw dan 1 kekalahan
Persentase mencetak gol: 1,6
Persentase kemasukan gol: 0,8

Irlandia Utara mencetak rekor untuk tampil di Euro 2016 Prancis pertama kalinya meskipun kategori Piala Dunia mereka sudah pernah mengikutinya tiga kali. Prestasi terbaik skuad Irlandia utara adalah melaju sampai babak perempat final Piala Dunia 1958 dan juga tampil di Piala Dunia 1982. Spanyol pun harus takluk ditangan mereka dengan skor tipis 1-0. Kyle Lafferty akan menjadi kekuatan nyata bagi Irlandia Utara. Tidak banyak yang mengenal namun performanya sangat mengesankan selama babak kualfikasi. Dirinya telah mencetak 7 gol dari 9 laga.

Grup D : Spanyol, Republik Ceko, Turki dan Kroasia

Kekuatan Spanyol di Euro 2016

Spanyol
Pelatih: Vicente del Bosque
Pemain kunci: Andres Iniesta (107 Caps, 13 Gol)
Rekor di babak kualifikasi: 9 kemenangan, 0 draw dan 1 kekalahan
Persentase mencetak gol: 2,3
Persentase kemasukan gol: 0,3

Spanyol adalah juara bertahan dalam 2 edisi EUro yakni 2008 dan 2012. Saat ini La Furia Roja termasuk dalam salah satu negara terkuat didunia dalam bidang sepakbola.

Buktinya adalah dominasi mereka sejak Euro 2008, Piala Dunia 2010, Euro 2012 namun di Piala Dunia 2014 mereka bermain sangat buruk. Pada Euro 2016 ini Spanyol percaya diri mereka dapat melanjutkan dominasi terhadap kejuaraan Euro dan mencetak rekor sebagai tim yang memenangkan Euro 3 kali berturut-turut.

Kekuatan Republik Ceko di Euro 2016
Republik Ceko
Pelatih: Pavel Vrba
Pemain kunci: Petr Cech (119 caps, 0 Gol)
Rekor di fase kualifikasi: 7 Kemenangan, 1 Draw dan 2 Kekalahan
Persentase mencetak gol: 1,9
Persentase kemasukan gol: 1,4

Republik Ceko adalah pecahan dari Cekoslovakia dan mereka memulai bermain di sepakbola internasional dengan membawa nama Ceko sejak tahun 1994. Hebatnya, Ceko tidak pernah absen sekalipun dari kejuaraan internasional. Euro 1996 mereka finish di urutan kedua, Euro 2004 mereka mencapai babak semifinal dan saat masih bergabung dengan Slovakia, mereka mampu menjadi juara pada Euro 1976 dengan mengalahkan Jerman Barat di final.

Salah satu pemain kunci dari Ceko adalah kapten mereka yakni Pert Cech yang bertugas mengamankan gawang. Dengan hadirnya Cech, para pemain Ceko akan lebih nyaman dalam bermain.

Kekuatan Turki di Euro 2016
Turki
Pelatih: Fatih Terim
Pemain kunci: Arda Turan (18 Caps, 6 Gol)
Rekor di babak kualifikasi: 5 Kemenangan, 3 Draw dan 2 Kekalahan
Persentase mencetak gol: 1,4
Persentase kemasukan gol: 0,9

Perjalanan Turki dalam kejuaraan Euro dimulai saat mereka tampil pada Euro 1996 di Inggris dengan tidak meraih 1 angka pun. Euro 2000 penampilan mereka membaik dengan melaju sampai babak perempatfinal sebelumnya takluk di tangan Portugal.

Euro 2008 menjadi aksi comeback Turki karena Euro 2004 mereka harus absen. Pada Euro 2008 tersebulah Turki dikenal sebagai tim yang mempunyai semangat juang sangat tinggi. Terbukti dari kemenangan di last minute atas Swiss, Ceko dan Kroasia. Namun mereka harus mengakui kekuatan Jerman di babak semifinal.

Kondisi berbeda akan kita temukan dalam skuat Turki saat ini. Skuat Turki saat ini bisa dikatakan sangat baik dengan pemain Kuncinya adalah Arda Turan dan Hakan Calhanoglu.

Kekuatan Kroasia di Euro 2016
Kroasia
Pelatih: Ante Cacic
Pemain kunci: Luka Modric (89 Caps, 10 Gol)
Rekor di fase kualifikasi: 6 Kemenangan, 3 Draw dan 1 Kekalahan
Persentase mencetak gol: 2
Persentase kemasukan gol: 0,5

Kroasia merupakan salah satu tim yang mempunyai tradisi kuat dalam Sepakbola. Ini dibuktikan semenjak pemisahan diri dari Yugoslavia tahun 1991, Kroasia selalu mengikuti kejuaraan Internasional yang pernah diselenggarakan kecuali tahun 2000 dan 2010.

Pemain kunci Kroasia terdapat dalam sosok Luka Modric. Ia akan menjadi nyawa permainan dari Kroasia. Posisi gelandang adalah posisi yang tepat bagi dirinya karena kemampuan bertahan dan kemampuan menyerang yang sama baiknya. Dibuktikan dari kontribusinya selama dirinya bermain untuk Real Madrid. Jika dirinya absen, maka peforma Real Madrid tidak stabil.

Grup E : Belgia, Italia, Republik Irlandia dan Swedia

Kekuatan Belgia di Euro 2016

Belgia
Pelatih : marc Wilmots
Pemain Kunci : Eden Hazard (63 Caps, 12 gol)
Rekor Kualifikasi : 7 Kemenangan, 2 draw dan 1 kekalahan
Persentase mencetak gol : 2.4
Persentase kemasukan gol : 0.5

Sepakbola Belgia telah maju sangat pesat ketimbang beberapa tahun lalu. Bahkan skuad Belgia saat ini dinyatakan sebagai Calon juara Euro 2016. Setiap lini diisi oleh pemain berbakat seperti Eden Hazard, Kevin De Bruyne, Radja Nainggolan, Vicent Kompany, Thibaut Curtois.

Dunia pun mengaku kehebatan para punggawa Belgia sehingga tidak berlebihan jika Belgia adalah calon juara Euro 2016.

Raihan terbaik mereka pada kompetisi Euro adalah Euro 1980 saat mereka menjadi runner-up.

Pemain kunci yang harus diwaspadai oleh lawan adalah Eden Hazard dan Kevin de Bruyne. 2 pemain yang bertipe berbeda namun memiliki kontribusi yang nyata bagi timnas dan klubnya masing-masing.

Kekuatan Italia di Euro 2016
Italia
Pelatih: Antonio Conte
Pemain kunci: Giorgio Chiellini (83 Caps, 6 Gol)
Rekor kualifikasi: 7 Menang, 3 Imbang, 0 Kalah
Persentase mencetak gol: 1,6
Persentase kemasukan gol: 0,7

Sepertinya kejuaraan Euro merupakan bagian dari Italia karena tercatat Gli Azzuri hanya mampu menjadi juara pada Euro 1968 saat mengalahkan Yugoslavia. Prestasi terbaik mereka selain menjadi juara adalah runner-up pada edisi 2000 dan 2012.

Tampaknya skuat Italia pada Euro 2016 ini akan diperhitungkan sebagai calon juara mengingat rekor tidak terkalahkan dalam 10 laga di babak kualifikasi.

Kekuatan Republik Irlandia di Euro 2016
Republik Irlandia
Pelatih: Martin O’Neill
Pemain kunci: Jon Walters (39 Caps, 10 Gol)
Rekor kualifikasi: 6 Menang, 4 Imbang, 2 Kalah
Persentase mencetak gol: 1,8
Persentase kemasukan gol: 0,7

Bicara tentang Piala Dunia, Irlandia Utara mempunyai sejarah yang cukup baik dimana pada Piala Dunia yang digelar di Italia, mereka mampu melaju sampai babak perempatfinal dan juga meramainkan Piala Dunia 2002 di Korea dan Jepang.

Sedangkan bicara tentang Euro, Irlandia Utara tampanya belum menemukan catatan yang manis. Prestasi terbesar mereka hanya mencapai putaran final namun harus gugur terlebih dahulu setelah 3 kekalahan beruntun pada fase grup.

Edisi Euro 2016 ini akan menjadi ujian sekali lagi bagi timnas Irlandia Utara yang dilatih Martin O’Neil. Yang pasti penampilan Irlandia Utara sangat ditunggu oleh para pecinta sepakbola dunia.

Kekuatan Swedia di Euro 2016
Swedia
Pelatih: Erik Hamren
Pemain kunci: Zlatan Ibrahimovic (112 Caps, 62 Gol)
Rekor kualifikasi: 6 Menang, 4 Imbang, 2 Kalah
Persentase mencetak gol: 1,6
Persentase kemasukan gol: 1

Penampilan Swedia pada Euro 1992 merupakan prestasi terbaik yang bisa diraih dalam ajang Euro. Menang atas Denmark, Inggris dan bermain imbang melawan Prancis dan harus takluk dari Jerman dibabak semifinal adalah serangkain memori manis bagi timnas Swedia. Swedia kembali tampil pada Euro 2000 dan Euro 2004. Euro 2004 menjadi rekor yang sangat manis karena mereka tidak terkalahkan dalam semua laga (waktu normal 2×45 menit) sebelum tersingkir oleh Belanda lewat adu penalti pada babak perempat-final.

Swedia kembali mencoba pada Euro 2012 namun harus tidak dapat melangkah ke babak selanjutnya. Pemain Kunci Swedia adalah Zlatan Ibrahimovic yang mungkin Euro 2016 ini akan menjadi pentas terakhirnya bersama timnas Swedia.

Grup F : Portugal , Islandia, Austria dan Hungaria

Kekuatan Portugal di Euro 2016

Portugal
Pelatih: Fernando Santos
Pemain kunci: Cristiano Ronaldo (125 Caps, 56 Gol)
Rekor kualifikasi: 7 Kemenangan, 0 Draw dan 1 kekalahan
Persentase mencetak gol: 1,4
Persentase kemasukan gol: 0,6

Raihan terbaik Portugal dalam sejarah Euro adalah mencapai babak final pada Euro 2014 dimana mereka harus mengakui ketangguhan Yunani. Selain prestasi apik tersebut Portugal merupakan langganan Euro. Portugal selalu mencatatkan rekor 100 persen lolos dari fase grup.

Pemain Kunci dari Portugal adalah Christiano Ronaldo, selain itu Portugal sebenarnya masih mempunyai banyak pemain berkualitas sebut saja Joao Moutinho, Nani, Quaresma ataupun Renato Sanchez.

Kekuatan Islandia di Euro 2016
Islandia
Pelatih: Lars Lagerback/Heimir Hallgrimsson
Pemain Kunci: Gylfi Sigurdsson (37 Caps, 12 Gol)
Rekor kualifikasi: 6 Menang, 2 Imbang, 2 Kalah
Persentase mencetak gol: 1,7
Persentase kemasukan gol: 0,6

Sepakbola Islandia pun sudah berkembang pesat dengan ditandai lolosnya skuat U-21 mereka di Euro 2011 yang digelar di Denmark. Setelah itu mereka mencatat sejarah baru yaitu finish di posisi kualifikasi Piala Dunia 2014 dan mengamankan jatah Play-off. Namun sayangnya Islandia harus takluk dari Swedia.

Terlepas dari prestasi tersebut, Islandia kembali mencatatkan prestasi baru yakni berhasil melanggeng masuk ke putara final Euro 2016 Prancis untuk pertama kalinya.

Kekuatan Austria di Euro 2016
Austria
Pelatih: Marcel Koller
Pemain Kunci: Zlatko Junuzovic (46 Caps, 7 Gol)
Rekor kualifikasi: 9 Menang, 1 Imbang, 0 Kalah
Persentase mencetak gol: 2,2
Persentase kemasukan gol: 0,5

Austria mempunyai sejarah yang cukup bagus dalam sepakbola internasional. Dikenal sebagai tim tertangguh di dunia dan Eropa. Prestasi terbaik mereka adalah mencapai posisi runner-up pada Piala DUnia 1954. Selain itu Austria juga mampu tampil di tujuh edisi Piala Dunia meskipun yang terakhir adalah Piala Dunia 1998.

Pada kejuaraan Euro, prestasi terbaik Austria adalah bermain di fase grup pada Euro 2008. Saat itu mereka berstatus sebagai tuan rumah. Namun ditahun ini Austria berhasil lolos tanpa status tersebut dengan mencatat 9 kemenangan dari 10 laga kualifikasi.

Rekor fantastis tersebut menjadi penampilan Austria ditunggu oleh para penggemar sepakbola.
Kekuatan Hungaria di Euro 2016
Hungaria
Pelatih: Bernd Strock
Pemain kunci: Balazs Dzsudzsak (77 Caps, 18 Gol)
Rekor kualifikasi: 6 Menang, 4 Imbang, 2 Kalah
Persentase mencetak gol: 1,2
Persentase kemasukan gol: 0,8

Zaman dahulu, Hungaria adalah tim yang sangat kuat di dunia internasional. Raihan terbaik mereka adalah menacpai Runner-up Piala Dunia 1938 dan 1954. Selain itu mereka pun berhasil membawa pulang tiga gelar Olimpaide dimana saat ini skuad mereka diisi oleh generasi emas yakni Ferenc Puskas, Jozsef Bozsik dan Sandor Kocsis.

Namun sejak Piala Dunia 1986, timnas Hungaria telah tenggelam dan selalu gagal lolos ke turnament besar. Nah, pada euro 2016 timnas Hungaria dapat memastikan lolos ke Euro 2016.