Pemain Kunci Setiap Negara Peserta Euro 2016

Pemain Kunci Setiap Negara Peserta Euro 2016

Euro 2016 akan menjadi perhelatan bagi negara-negara kuat Eropa untuk saling adu kekuatan dan strategi demi menjadi raja di Eropa. Seperti yang kita ketahui para pemain top yang sering disebut sebagai Pemain Terbaik Dunia seperti Ronaldo, Griezmann, Iniesta ataupun Ozil tersebar di berbagai Negara-negara Eropa (walau ada banyak pemain terbaik dunia yang berasal dari luar Eropa).

Sebanyak 24 negara telah resmi menjadi kontestan dari Euro 2016 yang akan dihelat di Prancis pada 11 Juni – 11 Juli dan setiap negara pasti mempunyai pemain kunci yang bisa menentukan hasil pertandingan dari sebuah negara. Jika pemain kunci bermain buruk, maka secara tidak langsung persentase sukses dari Negara asalnya berkurang dan sebaliknya.

Lalu siapakah pemain-pemain kunci dari setiap negara yang diharapkan dapat menampilkan performa terbaik ? Berikut daftar pemain kunci dari setiap Grup.

GRUP A

Albania
Pemain Kunci : Sokol Cikalleshi

Pemain Kunci Albania Euro 2016
Albania merupakan tim yang mengandalkan sistem pertahanan yang solid dan pressing tinggi, mirip seperti Gegenpressing milik Liverpool yang dilatih oleh Jurgen Klopp. Setiap pemain harus melakukan pressing kepada pemain lawan baik itu di posisi depan, posisi tengah ataupun posisi belakang untuk memaksa lawan melakukan kesalahan.

Counter Attack akan menjadi solusi yang sangat baik bagi ALbania dimana peran Sokol Cikalleshi yang merupakan tipe pekerja keras akan sangat dibutuhkan negaranya untuk dapat menjebol gawang lawan.

Prancis
Pemain Kunci : Paul Pogba

Pemain Kunci Prancis Euro 2016

Nama Paul Pogba kian bersinar baik di Juventus ataupun timnas Prancis. Kontribusinya sangat besar mengingat dirinya lah yang menjadi motor serangan dari kedua tim tersebut.

Dengan tehnik yang berkualitas, kekuatan fisik serta visi bermainnya yang sangat baik, ia dapat menjelma sebagai tembok pertahanan yang sangat kokoh dan menjadi pencipta peluang gol yang mumpuni. Di Timnas Prancis, Paul Pogba diperkirakan akan semakin menunjukkan kekuatannya karena dirinya akan didampingi oleh dua gelandang pekerja keras yakni Blaise Matuidi dan Ngolo Kante.

Rumania
Pemain Kunci : Vlad Chiriches

Pemain Kunci Rumania Euro 2016
Rumania adalah tim yang tidak dapat diremehkan. Keunggulan negara yang terletak di Eropa tengah dan Tenggara ini adalah kolektivitas tim yang sangat solid. Semua pemain Rumania merupakan tipe pekerja keras sehingga ganjarannya adalah lini belakang Rumania merupakan lini pertahanan yang paling tangguh dari kesemua tim yang mengikuti Euro 2016. Catatan dua kebobolan dalam 10 laga merupakan rekor yang fantastis.

Faktor kunci solidnya pertahanan Rumania karena adanya nama Vlad Chricihes. Vlad adalah pemimpin bagi didalam laga ataupun diruang ganti. Motivasinya dapat menjadi sebuah dorongan besar bagi rekan-rekannya untuk dapat menampilkan penampilan terbaik di ajang Euro 2016 ini.

Swiss
Pemain Kunci : Granit Xhaka

Pemain Kunci Swiss Euro 2016
Xhaka saat ini sudah bermain di klub Arsenal yang notabene merupakan tim top Eropa. Arsenal tidak salah dalam melihat kemampuan Xhaka karena kemampuan bertahan, memberikan umpan pendek ataupun panjang sangat baik.

Perannya sangat vital bagi timnas Swiss karena selain sebagai aktor yang memulai serangan Swiss, dirinya juga harus menjadi lapisan paling depan dalam bertahan. Jika dirinya dapat menampilkan permainan terbaik, maka lini pertahanan Swiss menjadi sangat kokoh.

GRUP B

Inggris
Pemain Kunci : Wayne Rooney

Pemain Kunci Inggris Euro 2016
Banyak dari Anda akan mengatakan kenapa tidak Harry Kane ataupun Jamie Vardy yang menjadi pemain kunci Inggris pada Euro 2016 ini. Nah, Rooney merupakan kapten Inggris dan Manchester United dan merupakan salah satu pemain yang paling senior dalam skuat muda Inggris tahun ini. Tugasnya kini tidak seperti dahulu ketika dirinya ditempatkan sebagai penyerang. Ia juga harus ikut bertahan kala timnya diserang lawan.

Banyak yang menganggap masa Rooney telah habis baik dilevel Internasional ataupun level klub. Pernyataan ini dilontarkan berdasarkan perfoma Rooney yang tidak kunjung membaik bersama Manchester United. Namun saat berkostum Inggris, Rooney tampil bagus dengan simpanan 7 gol selama babak kualifikasi. Inggris pun diprediksi akan melangkah jauh dalam Euro 2016 ini karena skuad yang diisi pemain-pemain muda bertalenta dan disinilah peran Rooney yang sesungguhnya yaitu menjadi pemimpin bagi rekan-rekan mudanya.

Rusia
Pemain Kunci : Sergei Ignashevich

Pemain Kunci Rusia Euro 2016

Pemain kunci yang satu ini tidak lagi berusia muda, usianya saat ini adalah 36 tahun yang mana sudah harus pensiun dari timnasnya. Namun karena tidak ada satupun pemain yang dapat menggantikan peran pentingnya bagi Rusia, pemain ini tetap dipanggil untuk berangkat ke Euro 2016.

Siapakah dia ? Namanya adalah Sergei Ignashevich yang berposisi sebagai bek tengah bagi timnas Rusia dan CSKA Moscow. Selama dirinya bermain Rusia mampun meraih lima clean sheet(tidak kebobolan) dari sembilan laga di babak kualikasi.

Slokavia
Pemain Kunci : Marek Hamsik

Pemain Kunci Slovakia Euro 2016

Saat ini sepakbola Slovakia telah sangat berkembang. Para punggawanya pun sudah tersebar di berbagai klub top Eropa contohnya Marek Hamsik yang saat ini bermain untuk Napoli dan menjadi kaptennya. Contoh besar lainnya adalah Martin Skrtel yang bermain untuk Liverpool. Kedua-duanya menjadi pemain kunci bagi timnas Slovakia dan khususnya bagi Marek Hamsik yang akan dipilih sebagai pemain kunci dari Slovakia.

Hamsik sebagai kapten Slovakia selalu bermain disetiap laga yang digelar. Dirinya telah menjadi motor serangan tim Slovakia selama beberapa tahun terakhir. Visi bermainnya sangat baik , ia dapat menciptakan peluang ataupun membuat gol sendiri sehingga negara peserta Eropa lainnya wajib memasang mata terhadap pria pemilik rambut mohawk ini.

Serangan Slovakia sangat bergantung kepada kapten mereka, sehingga bila Hamsik bermain buruk, maka Slovakia pun bermain buruk.

Wales
Pemain Kunci : Gareth Bale

Pemain Kunci Wales Euro 2016

Gelandang elegan Arsenal yakni Aaron Ramsey merupakan nyawa dari lini tengah Ramsey namun pemain kunci Wales tetaplah seorang Gareth Bale. Berstatus sebagai pemain paling mahal di dunia plus visi, tehnik, insting mencetak gol dan kecepatan larinya menjadikannya sebagai Kunci Wales.

Jika boleh jujur, Wales tidak akan lolos jika hanya diperkuat oleh Aaron Ramsey, namun karena kehadiran Bale, Wales mencetak rekor dengan pertama kali berhasil mengikuti pagelaran Euro. Pemain kidal tersebut mencetak tujuh dari 11 gol yang dicetak Wales selama babak kualifikasi.

GRUP C

Jerman
Pemain Kunci : Thomas Muller

Pemain Kunci Jerman Euro 2016
Pemain top Eropa dengan segudang bakatnya memang banyak berasal dari Jerman. Namun ada satu pemain yang menjadi kunci dari timnas Jerman, bukan Ozil ataupun Gotze melainkan Thomas Muller.

Joachim Law sangat mengandalkan Muller sebagai mesin pencetak gol Jerman karena striker legendaris Miroslav Klose telah pensiun. Di usianya yang baru 26 tahun, Muller telah bermain 70 kali untuk negaranya dan mencetak 31 gol. Seperti yang dikatakan oleh Henry pada tahun 2014 : “Lupakan Messi atau Ronaldo, Tiru Thomas Muller”.

Thomas Muller memang tidak mengeluarkan tehnik menggocek yang indah ataupun trik magic lainnya. Ia hanya bermain sepakbola dengan benar yakni bertahan, menyerang, dan mengontrol bola dengan tepat.

Irlandia Utara
Pemain Kunci : Kyle Lafferty

Pemain Kunci Irlandia Utara Euro 2016

Perjalanan Irlandia Utara pada babak kualifikasi bisa dibilang sangat baik karena mereka hanya mengalami 1 kekalahan. Dengan lini pertahanan yang sangat baik, mereka membutuhkan seorang striker/penyerang yang mau bekerja keras dan disitulah tersedia nama Kyle Lafferty yang sejauh ini telah mencetak 7 gol dari 9 laga selama babak kualifikasi.

Polandia
Pemain Kunci : Robert Lewandowski
Pemain Kunci Polandia Euro 2016
Anda kenal dengan Robert Lewandowski ? Anda pasti kenal karena dunia sudah mengakui kehebatan pemain yang berposisi sebagai Striker tersebut. Lewandowski adalah pemain bernomor sembilan terbaik di dunia saat ini. Jika anda ingin tahu kehebatannya, Coba anda lihat video dibawah ini :

Pada musim ini dirinya telah mencetak 30 gol dari 28 laga bagi klub dan negaranya. Selama babak kualifikasi dirinya pun mencetak 13 gol dan itu menyamai rekor sebelumnya ditorehkan oleh David Healy dari Irlandia Utara.

Ukraina
Pemain Kunci : Andriy Yarmolenko

Pemain Kunci Ukraina Euro 2016

Ukraina terkenal sebagai negara asal dari penyerang fenomenal AC Milan yakni Andriy Shevchenko. Namun saat ini Ukraina telah mempunyai pemain yang mungkin bisa menyamai dirinya yakni Andriy Yarmolenko dan Yevhen Konoplyanka. Kedua pemain ini merupakan andalan Ukraina saat menyerang.

Terlebih Yarmolenko yang berposisi sebagai sayap kanan. Dari 55 laga bersama Ukraina, dirinya mampu mencetak 27 gol sehingga para defender negara lain wajib mengantisipasi pergerakannya di sisi sayap kanan. Ia sangat gemar melakukan drible dan gerak tipu serta maju kedalam kotak penalti dan mencetak gol.

Kroasia
Pemain Kunci : Luka Modric

Pemain Kunci Kroasia Euro 2016

Jendral Lapangan tengah Real Madrid yakni Luka Modric akan memimpin Kroasia pada pertaruhan sengit Euro 2016. Gelandang enerjik ini terkenal dengan kekuatan tenaganya yang tidak habis-habis, pergerakannya yang sulit dibaca, intersep/memotong bola. Selain itu, Modric pun mendapat kelebihan lain yakni visi bermain, membaca permainan serta menciptkan peluang gol lewat umpan matangnya seperti yang dia tunjukkan di Real Madrid.

Dirinya menjadi pemain yang selalu bermain di setiap pertandingan Real Madrid. Jika dirinya tidak bermain, maka performa Real Madrid akan sedikit terganggu. Jika pergerakkannya di lini tengah mendapat gangguan, maka bisa dipastikan performa Kroasia tidak akan stabil.

Republik Ceko
Pemain Kunci : Petr Cech

Pemain Kunci Republik Ceko Euro 2016

Jika mendengar nama Republik Ceko anda pasti akan teringat dengan kiper terbaik Chelsea yang saat ini bermain untuk Arsenal. Ya, Namanya Petr Cech. Piawai dalam menjaga gawang, mempunyai jiwa pemimpin yang baik menjadikannya sosok yang vital bagi Ceko baik dilapangan ataupun ruang ganti.

Kehebatan Cech pun tidak perlu dipertanyakan lagi, bahkan tahun 2014-2015 banyak meme bermunculan yang menyatakan bahwa Messi tidak dapat menjebol gawang yang dijaga Cech (Messi telah berhasil menjebol gawang Cech ketika Barcelona berhasil mengalahkan Arsenal pada Liga Champions tahun ini) seperti yang tampak pada gambar dibawah ini:

cech1

Para pemain Ceko akan lebih berkonsentrasi dalam serangan jika Cech yang menjadi penjaga gawangnya.

Spanyol
Pemain Kunci : Sergio Busquets

Pemain Kunci Spanyol Euro 2016

Sergio Busquets memang kalah pamor jika dibandingkan dengan gelandang-gelandang elegan Spanyol lainnya yakni Andres Iniesta, Cesc Fabregas, David Silva, Isco ataupun lainnya.

Walaupun tidak tenar, tapi jangan ragukan peran vital dari Sergio Busquets ini. Barcelona dapat menjalani musim yang menyenangkan tidak terlepas dari peran vital dari Busquets yang bertugas untuk menjaga kedalaman tim saat rekannya Andres Iniesta ataupun Rakitic pergi membantu serangan Barcelona.

Ia adalah poros tim dari Spanyol dan Barcelona, jika lawan dapat menggangu konsentrasinya maka akan lebih mudah untuk melawan Spanyol.

Turki
Pemain Kunci : Arda Turan

Pemain Kunci Turki Euro 2016

Pemain Kunci Turki Euro 2016

Arda Turan kini bermain di klub Spanyol yakni Barcelona. Pria yang asli dari Istambul ini merupakan pemain yang paling senior didalam timnas Turki. Ban Kapten pun melekat di lengannya. Bersama Hakan Calhanoglu dan Nuri Sahin, ia akan membuat lini tengah Turki menjadi lebih kokoh dan solid.

Tidak hanya lihai dalam bertahan, Arda Turan pun mahir dalam melakukan serangan. Dengan umpan kreatifnya ia dapat menciptakan peluang gol dari sudut mana saja. Kelemahan pemain yang mengenakan nomor 10 Turki ini adalah luapan emosinya yang sulit dikontrol oleh dirinya sendiri.

GRUP E

Belgia
Pemain Kunci : Kevin De Bruyne

Pemain Kunci Belgia Euro 2016

Anda pasti berpikir tentang Eden Hazard bukan ? Namun pemain kunci timnas Belgia bukanlah Hazard melainkan Kevin De Bruyne. Kontribusinya sangat nyata bagi Wolfsburg ataupun Manchester City. Di Wolfsburg ia menjadi raja assist dengan torehan 16 assis terbanyak dari beberapa playmaker terbaik dunia sebut saja Ozil.

Masih ingatkah anda dengan gol semata wayangnya digawang PSG yang menyebabkan Manchester City dapat mencetak rekor untuk pertama kalinya menembus semifinal liga Champions ?

Bisa dikatakan Kevin de Bruyne adalah pemain yang sangat komplit. Visi bermain, tehnik, umpan yang sangat akurat dari berbagai posisi, melihat peluang gol akan sangat dibutuhkan Belgia dalam pertarungannya di Euro 2016.

Benteke, Origi dan Hazard akan sangat dimanjakan dengan assis dari Kevin De Bruyne ini, namun jika lawan menjaganya dengan ketat, maka Belgia harus mencari solusi lainnya.

Italia
Pemain Kunci : Graziano Pelle

Pemain Kunci Italia Euro 2016

Mungkin banyak yang tidak mengetahui nama pemain yang merumput bersama Southampton ini. Performanya bersama klub Inggris tersebut pun tidak terlalu bagus namun pelatih Italia saat ini Antonio Conte sangat mempercayai urusan mencetak gol kepadanya.

Sejak pensiunnya striker legendaris Italia seperti Del Piero, Di Natale,Verri, Inzaghi, Totti otomatis Italia tidak mempunyai striker yang berkelas di timnasnya saat ini. Sehingga Pelle akan dibebankan dengan tugas berat tersebut.

Republik Irlandia
Pemain Kunci : Jon Walters

Pemain Kunci Irlandia Euro 2016

Irlandia sangat identik dengan Robbie Keane yang saat ini telah berusia 35 tahun. Tentu timnas Irlandia tidak bisa bergantung terus dengan pemain veteran ini. Untungnya untuk mengisi kekosongan tersebut tersedialah nama Jon Walters yang mempunyai insting mencetak gol cukup baik.

Mungkin usianya memang sudah tidak lagi muda yakni 32 tahun, namun semangatnya tidak kalah dengan pemain-pemain muda lainnya. Ia tidak kenal akan rasa takut dan dapat menjadi penentu pertandingan timnas Irlandia seperti yang dia tunjukkan ketika mencetak gol semata wayang ke gawang Bosnia. Jika lawan mengunci pergerakannya, maka serangan Irlandia akan hilang.

Swedia
Pemain Kunci : Zlatan Ibrahimovic

Pemain Kunci Swedia Euro 2016

Usia Zlatan memang sudah tidak muda lagi yakni 34 tahun namun dirinya tetap menjadi pusat permainan dari Swedia. Kontribusinya sangat besar bagi keberhasilan PSG beberapa tahun terakhir. Pelatih PSG Laurent Blanc sampai harus mengorbankan Cavani di posisi sayap kiri karena posisi penyerang tengah di isi oleh Zlatan.

Euro 2016 mungkin akan menjadi Euro terakhir bagi dirinya sehingga dirinya akan lebih termotivasi. Sejujurnya untuk menjaga seorang Zlatan diperlukan dua sampai 3 orang, karena dirinya mampu mencetak gol dari berbagai sudut dengan cara yang tidak biasa pula seperti yang ditunjukkan dirinya pada video dibawah ini :

GRUP F

Austria
Pemain Kunci : David Alaba

Pemain Kunci Austria Euro 2016

David Alaba adalah pemain bertipe versatile yang saat ini bermain untuk klub Bayern Munchen. David Alaba dapat mengisi setiap posisi yang diminta pelatih dengan baik bahkan bagus.

Josep Guardiola pernah berkata :”Alaba adalah tuhan kami di Bayern Munchen. Ia telah bermain di hampir 10 posisi berbeda.”

Pujian tersebut memang sangat beralasan pasalnya dirinya bermain sebagai fullback kiri di Bayern Munchen dan anda tahu kualitasnya. Bermain di timnas Austria, ia bermain sebagai Gelandang tengah yang mengatur serangan timnya, hasilnya Austria kini berpartisipasi dalam Euro 2016.

Hungaria
Pemain Kunci : Balazs Dzsudzsak

Pemain Kunci Hungaria Euro 2016

Sayap kiri Hungaria dirasa perlu pengawasan extra karena posisi ini diisi oleh bintang Hungaria yakni Balazs Dzsudzsak. Pemain ini mempunyai skil olah bola yang paling baik dari semua anggota tim Hungaria. Dan pergerakannya disektor kiri pertahanan lawan banyak membantu Hungaria memenangkan pertandingan.

Dzsudzsak kini telah menjadi kapten bagi timnas Hungaria. Ia menjadi penendang set piece ataupun sepak pojok yang handal karena dari 14 gol yang dicetak Hungaria, emuanya berawal dari tendangan pokok. Satu dari tendangan bebas langsung dan dua dari tendangan bebas yang gagal dihalau sempurna oleh lawan.

Islandia
Pemain Kunci : Gylfi Sigurdsson

Pemain Kunci Islandia Euro 2016

Beruntung Islandia mempunyai sosok Gylfi Sigurdsson. Dengan pengalamandi Premier League ia menjadi pusat permainan bagi tim Islandia.

Ia akan memimpin timnas Islandia pada Euro 2016 melalui posisi gelandang serang. Pelatih Islandia pun membebaskan dirinya untuk berkreasi demi membuat peluang gol ataupun mencetak gol. Hasil kreasinya bisa kita lihat pada pertandingan Islandia vs Belanda dimana ia mencetak 3 gol.

Portugal
Pemain Kunci : Cristiano Ronaldo

Pemain Kunci Portugal Euro 2016

Banyak yang mengatakan bahwa Portugal adalah One-Man-Team karena Christiano Ronaldo bermain untuk Portugal. Ronaldo hampir sama seperti Zlatan yang mana setiap tim yang dibelanya akan menjadikan dirinya sebagai pusat permainan. Contoh nyata untuk penyataan diatas adalah tim Real Madrid yang memposisikan dirinya sebagai sentral. Puluhan gol telah dicetaknya untuk membantu Real Madrid memenangkan pertandingan, bahkan Real Madrid meraih gelar Liga Champions ke-11.

Christiano Ronaldo pun menjadi 2 mata koin yang mana ia akan sangat baik dalam serangan Portugal dan ia akan menjadi kelemahan terbesar jika lawan mematikan pergerakannya.

Itulah pemain kunci dari setiap negara yang menjadi peserta Euro 2016. Performa mereka menentukan performa timnya, jika mereka bermain baik mungkin kesempatan untuk menang akan terbuka lebih lebar. Jika pemain kunci tidak bermain, maka tugas pelatih dari masing-masing negara untuk menentukan strategi yang terbaik. Adakah pemain kunci favorite kalian yang tidak disebutkan disini ?