Piala Eropa 2016, Inggris Tidak Bertemu Trio Elite Eropa

timnas inggris

PialaEropa2016 – Performa Luar Biasa ditunjukkan Inggris dalam babak kualifikasi Piala Eropa 2016. Rekor 100 % kemenangan selama babak kualifikasi memberikan banyak keuntungan bagi Inggris. Pada undian Piala Eropa 2016, Inggris masuk kedalam pot tim unggulan yang dimana hal tersebut berdampak baik karena terhindar dari 3 tim elite Eropa seperti Juara Bertahan Spanyolm Juara Dunia 2014 Jerman dan Tuan rumah Perancis.

Inggris masuk dalam kategori Pot 1 dalam undian yang digelar di Palais des Congres de la Porte Maillot, Paris, Prancis, Sabtu (12/12/2015) atau Minggu (13/12/2015) mulai pukul 00.00 WIB. Pot 1 berisi Spanyol, Jerman, Inggris, Portugal, dan Belgia. Sedangkan Prancis otomatis di Grup A. Dengan demikian pasukan Roy Hodgson tak akan bersua dengan tiga tim elite tersebut.

pelatih Inggris Roy Hodgson yakin Inggris saat ini akan sulit untuk dikalahkan. Rekor kemenangan 100& pada fase kualifikasi piala Eropa 2016 membuat skuat inggris semakin percaya diri.

“Keindahan adalah bahwa performa bagus yang terus berlanjut menempatkan kami di antara unggulan teratas,” kata Hodgson. “Hanya ada lima tempat di kelompok unggulan, jadi bagus mendapatkan salah satu dari lima tiket itu. Untuk berada di kelompok unggulan dan terhindar dari lima tim yang sangat kuat lainnya jelas merupakan keuntungan yang sangat besar.”

Inggris berpotensi bentrok dengan negara tetangga Wales, Irlandia Utara, dan Republik Irlandia yang terjebak di Pot 4. Jika terjadi, maka prospek bertemunya dua negara tetangga di putaran final turnamen besar untuk pertama kali terjadi sejak Piala Eropa 1996, saat Inggris dan Skotlandia berada di grup yang sama.

Hodgson, yang kontraknya habis pada akhir turnamen dan ingin melanjutkan hingga ke Piala Dunia 2018 di Rusia, yakin timnya akan lolos dari fase grup. Dia menunjuk fakta bahwa dalam 10 pertandingan kualifikasi, Inggris hanya kebobolan tiga gol dan mengemas 31 gol. Dalam dua laga persahabatan terakhir, Inggris dikalahkan Spanyol 0-2 dan menang atas Prancis di Wembley 2-0.

“Kami punya sejumlah pemain depan berkualitas, yang semuanya bisa memenangkan pertandingan untuk kami. Kami punya alasan untuk optimis,” imbuh Hodgson. “Tapi, Piala Eropa adalah salah satu yang sulit untuk dimenangkan, ada banyak tim di luar sana yang di atas kertas terlihat baik.”